Minggu, 15 April 2012

SYAKHSHIYYAH RASULULLAH SAW. DAN PARA SAHABAT R.A.


 SYAKHSHIYYAH RASULULLAH SAW.
DAN PARA SAHABAT R.A.



           


Rasulullah Saw. adalah figur syakhshiyyah Islamiyyah yang pertama dan utama, yang mewujudkan seluruh sifat-sifat keutamaan yang dituntut oleh syakhshiyyah Islamiyyah. Beliau pun menjadi guru pertama kaum muslimin tentang pengajaran syakhshiyyah Islamiyyah sekaligus orang pertama yang menerapkan konsep syakhshiyyah itu.  Kita kaum muslimin tanpa terkecuali wajib mengambil pengajaran dan teladan beliau Saw. Allah SWT berfirman:

"Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah Saw. itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah" (QS. Al Ahzab 21)

"Apa yang diberikan (diperintahkan) Rasul kepadamu maka terimalah (laksanakanlah).  Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah" (QS. Al Hasyr 7).

Syakhshiyyah Uswatun Hasanah
            Rasulullah Saw. adalah orang yang paling memahami arti hidup dan kehidupan ini dengan
sebenar-benarnya.  Beliau adalah orang yang paling tahu  bahwa ad dunya mazra'atul aakhirah: dunia adalah ladang untuk (memanen buah di) akhirat.  Beliaulah yang diperintahkan oleh Allah untuk merengkuh sebesar-besar karunia Allah di negeri akhirat tanpa melupakan kenikmatan dunia (QS. Al Qashash 77). Tatkala Abu Dzar melihat beliau tidur di atas tikar kasar hingga mencap kulit belua dan mengatakan: "Kenapakah engkau begitu wahai Rasul? Bukankah dunia di bawah kekuasaanmu?" Beliau bersabda: "Apa artinya dunia bagiku.  Aku dan dunia itu tak lain bagaikan penunggang kuda yang berhenti di bawah pohon, beristirahat, lalu berangkat meninggalkannya." Tatkala Aisyah menyampaikan bahwa domba Rasulullah Saw. yang dipotong telah habis dibagikan kecuali tinggal tulang belikatnya.  Beliau justru mengataka: "Semua masih tetap tersisa (menjadi pahala di akhirat) kecuali tulang belikatnya."
            Beliau Saw. adalah orang yang telah meraih kekuasaan dunia dengan hak dan secara riil kekuasaan yang beliau miliki sungguh sangat besar.  Beliau Saw. adalah kepala negara dari satu komunitas masyarakat baru, masyarakat Islam, yang telah bangkit dan muncul dari suatu masyarakat jahiliyyah di Jazirah Arab yang sekarang merupakan luasan wilayah yang dihuni oleh tujuh negara, yakni Arab Saudi, Yaman Utara, Yaman Selatan, Qatar, Oman, Bahrain, Uni Emirat Arab. Yang boleh dikatakan merupakan daerah terkaya dari dunia Islam saat ini.  Bahkan beliau menjadi pemimpin dan penguasa masyarakat yang siap tampil untuk menebarkan keadilan dan kesejahteraan ke seluruh dunia, rahmatan lil 'alamin. Masyarakat yang dinamis dan enerjik dengan mabda (ideologi) yang dimilikinya dan syakhshiyyah Islamiyyah yang unggulan, yang merupakan produk terbaik dari umat manusia, khairun naas, khairu ummah.  Beliau adalah pelopor revolusi perbaikan kemanusiaan. 
            Sekalipun demikian beliau adalah pelopor hamba Allah yang senantiasa bersusah payah berjuang menggapai akhirat.  Beliau adalah orang yang paling tahan berdiri berjam-jam untuk ruku' dan sujud kepada Allah SWT manakala shalat malam yang wajib bagi beliau. Pantaslah kalau untuk shalat saja kaki beliau sampai bengkak-bengkak.  Demikian kuatnya keinginan untuk menggapai akhirat, beliau adalah orang yang shalatnya sangat khusyuk sekalipun beliau dapat mengetahui apa yang terjadi pada jama'ah yang ma'mum di belakang beliau Saw.  
            Rasulullah Saw. adalah orang yang tak pernah makan harta yang haram sekalipun. Sebab, beliau Saw. adalah pribadi yang ma'shum, dilindungi dari mengerjakan perbuatan dosa.  Beliau selalu membagi harta buat fakir miskin, menyantuni para janda dan anak-anak yatim yang bapaknya gugur dalam jihad fi sabilillah.  Pernah suatu kali beliau selelesai mengucap salam dalam shalat langsung berdiri keluar dari jama'ah kaum muslimin usai menunaikan shalat, beliau langsung pergi membagikan harta baitul mal yang tersisa kepada yang berhak pada malam itu juga. Hidup beliau sederhana dan para istrinya pun harus rela hidup sederhana sebagai istri seorang Rasul, kepala negara, pemimpin besar. Namun bukan berarti beliau menolak rizki yang halal.  Beliau juga siap menikmati bagian kambing yang diperoleh 30 sahabat yang telah mengobati seorang kepala suku dengan membacakan Al Fatihah. Beliau juga menerima hadiah-hadiah yang diberikan para raja atau kepala suku kepada beliau. Beliau pun menggunakan baju burdah merah pada saat menghadiri sholat Hari Raya.
            Rasulullah Saw. adalah orang yang sangat ramah kepada sesama muslim.  Beliau bahkan gemar tersenyum kepada setiap muslim.  Bahkan beliau bersabda: "Tersenyumnya anda di depan saudara anda (seiman) adalah shadaqah". Apabila beliau marah, beliau hanya memalingkan muka tidak mau melihat orang yang dimarahinya. Beliau tidak bersikap kasar kepada sesama kaum muslimin.  Beliau paham betul petunjuk Allah kepadanya sebagai Rasul sekaligus pemimpin, kepala negara, sebagaimana firman-Nya:

"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu bersikap lemah lembut terhadap mereka.  Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu"(QS. Ali Imran 159).

            Namun beliau bersikap keras dan tegas terhadap segala bentuk kekafiran yang disodorkan orang-orang kafir kepada beliau dalam berbagai kesempatan. Bahkan meski sudah kalah saat penaklukan kota Mekah, mereka masih mencoba membujuk Rasulullah Saw. agar menerima sebagian bentuk-bentuk kejahiliyahan.  Namun semua itu ditolak beliau yang berpegang teguh kepada kemurnian tauhid sekalipun harus mengangkat senajata untuk itu.
            Beliau Saw. adalah kepala negara yang juga panglima perang.  Dalam sejarah pemerintahan beliau Saw. selama kurang lebih 10 tahun selalu menghadapi bahaya ancaman dari musuh-musuh Islam yang selalu ingin mengembalikan kaum muslim kepada kekufuran, kemusyrikan, dan kejahiliyahan. Jadi. kehidupan beliau tidak lain adalah perjuangan menegakkan kalimat Allah dengan dakwah dan jihad fi sabilillah.
            Rasulullah Saw. adalah pembawa risalah Islam.  Dari lisan dan tingkah laku beliaulah lewatnya wahyu yang diturunkan dari langit buat petunjuk hidup manusia. Beliaulah yang membacakan Al Qur'an, mensucikan kaum muslimin, dan mengajarkan huklum-hukum Islam kepada kaum muslimin. Beliaulah sumber ajaran agama ini, baik Al Qur'an maupun hadits. Selain sebagai pembawa risalah, beliau juga diutus menjadi penguasa yang menrapkan risalah itu dalam realitas kehidfupan, dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tak satu hukum Islam pun beliau sembunyikan dan tak satu hukum Islam pun yang tak beliau terapkan. Beliau adalah penguasa yang cakap dalam memerintah, menunjuk para pejabat yang mahir dan tepat dalam tugasnya: the right man on the right place.  Beliau tidak menunjuk orang yang salah.  Bahkan tatkala Abu Dzar Al Ghifari minta suatu jabatan pemerintahan, beliau menolaknya dengan berkata: "Aku lihat anda seorang yang lemah sedangkan jabatan ini adalah amanah yang bisa menyebabkan kehinaan sesalan di akhirat kelak --jika tak dilaksanakan dengan baik"
            Rasulullah Saw. adalah pribadi yang terpelihara. Dan tidaklah yang beliau ucapkan melainkan wahyu yang diwahyukan kepada beliau Saw. (QS. An Najm 3).  Oleh karena itu, beliau adalah pribadi yang jauh dari segala omong kosong tanpa makna.  Bahkan beliau pernah menasihati putrinya Fatimah yang bersama suaminya (Ali Bin Abi Thalib) belum juga tidur setelah Isya' tapi justru terdengar berbicara.  Beliau Saw. pernah bersabda: "Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia mengucapkan kata-kata yang baik (Islami) atau diam".
            Rasulullah Saw. adalah orang yang selalu menjaga amanah. Bahkan akhlak yang mulia itu telah beliau sifati sejak muda, sejak sebelum diangkat menajdi Rasul. Oleh karena itulah, beliau Saw. mendapatkan gelar Al Amin. Beliau adalah orang yang paling faham perintah Allah tentang menunaikan amanah dalam QS. An Nisa 58.
            Rasulullah Saw. adalah kepala negara yang selalu menghormati perjanjian.  Jika suatu perjanjian telah beliau tanda-tangani, maka beliau Saw. konsisten dengan perjanjiannya.  Oleh karena itu, tatkala Abu Jandal melarikan diri dari kota Makkah hijrah ke kota Madinah, padahal perjanjian Hudaibiyyah telah ditandatangani, maka beliau menyuruh Abu Jandal untuk kembali ke kota Makkah. Dengan sedih beliau Saw. menyuruh kembali seorang muslim yang baru bebas dari kezhaliman orang-orang Quraisy.
Rasul adalah manusia yang selalu menepati janji beliau.  Tak terbersit sedikitpun dalam benak beliau untuk mengingkari janji yang telah beliau ucapkan.  Beliau tahu betul bila tindakannya berbeda dari yang beliau ucapkan akan mendapatkan kemurkaan yang besar dari allah SWT (QS. As Shaf 3-4).  Saking bencinya terhadap perbuatan ingkar janji, beliau golongkan hal itu kepada ciri-ciri munafiq sebagaimana sabdanya:

 "Tanda orang munafiq itu ada tiga: Jika berbicara ia berdusta, jika berjanji ia mengingkari, dan jika dipercaya ia khianat".

            Rasulullah Saw. adalah panglima yang ahli dalam keprajuritan sekaligus ahli dalam kepemimpinan.  Beliau adalah pemimpin yang terjun langsung dalam medan jihad dan ikut merasakan deru peperangan.  Bahkan beliau mengalami luka-luka cukup parah pada saat perang Uhud.  Beliau adalah panglima ulung yang setiap peperangan yang beliau pimpin selalu menglami kemenangan.  Apabila ada kasus pasukan beliau terkena pukulan serangan dahsyat sehingga seolah-olah kaum muslimin bakal mengalami kekalahan, maka itu terjadi bukan lantaran salah strategi atau salah komando,  hal itu terjadi tidak lain karena ada hal-hal yang diajarkan oleh Allah kepada kaum muslimin secara praktis mengenai sikap dan etika peperangan dalam pandangan Islam. Beliau selalu memenangkan perang karena ahli dalam memilih orang yang tepat untuk suatu kedudukan.  Misalnya, ketika beliau saw, mengutus suatu kelompok pasukan untuk melakukan patroli (sariyah), beliau menyuruh seluruh anggota pasukan membaca Al Qur'an yang mereka hafal.  Maka setelah beberapa saat beliau mendekati pemuda kecil dan menanyakan berapa hafalannya.  Pemuda remaja itu mengatakan bahwa dirinya telah hafal surat Al Baqarah dan sejumlah  surat lainnya.  Maka beliau pun memilihnya menjadi komandan pasukan tersebut.
            Rasulullah Saw. adalah seorang hamba yang tidak melampaui batas.  Memang beliau diberi kesempatan untuk bisa berpuasa terus menerus (wishal), tetapi toh pada malam hari beliau juga mengunjungi istrinya.  Beliau memang bisa shalat berjam-jam di malam hari sampai bengkak kaki beliau, namun beliau masih menyempatkan diri untuk tidur.  Oleh karena itu, tatkala ada tiga orang shahabat yang mengaku akan beribadah shalat sepanjang malam, dan puasa terus menerus, beliau mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang paling taqwa.  Namun demikian dirinya tetap shalat dan tidur, puasa dan berhubungan suami istri.  Beliau Saw. mengatakan: "Bahwa sesungguhnya anda wajib memenuhi hak badan anda (tidur/istirahat) dan sesungguhnya istri anda memiliki hak (digauli) yang harus anda penuhi". 
            Ketika ada orang yang hendak minta dikebiri, Rasulullah Saw. melarangnya sambil mengatakan bahwa dikebirinya umat Islam itu adalah puasa; dan ketika ada orang yang hendak bertapa, beliau Saw. katakan bahwa bertapanya umat Islam adalah berdiam di masjid menunggu shalat.
            Rasululah Saw. adalah pejuang yang bersikap garang terhadap musuh dalam medan pertempuran jihad.  Beliau mengatakan: "Janganlah kalian mengangankan akan didatangi musuh.  Namun jika mereka datang, sambutlah dengan kaki yang teguh". Beliau adalah pejuang yang tega menumpahkan darah musuh yang kafir dalam pertempuran secara ksatria.  Betapa banyak korban yang jatuh dari pihak Quraisy dalam perang Badar sekalipun mereka menghadapi tentara Rasulullah Saw. yang jumlahnya lebih kecil. Namun demikian, beliau Saw, selalu mewanti-wanti agar tentara kaum muslimin tidak membunuh orang-orang yang tiada berdosa.
            Rasul adalah pemimpin yang ahli dalam bidang perdagangan sekaligus politik. Setelah berhijrah ke Madinah beliau segera membangun masjid yang menjadi sentral kegiatan kaum muslimin.  Beliau juga mempersaudarakan (dua orang-dua orang, akhwain) antara kaum muhajirin (pendatang dari kota Mekkah) dan kaum Anshar (pribumi kota Madinah).  Setelah itu beliau Saw. membuat perjanjian di kota Madinah antara komunitas masyarakat kaum muslimin yang solid itu dengan komunitas lain yang ada di sekitarnya, yakni empat suku Yahudi yang memiliki sistem tersendiri.  Beliau Saw. pun kemudian mendirikan pasar bagi kaum muslimin di pintu kota Madinah.  Letaknya yang begitu strategis membuatnya segera ramai dan dari ke hari menggusur peranan ekonomi orang-orang Yahudi.
            Sungguh apa yang diungkap di sini tentang kepribadian Rasulullah Saw. adalah sebagian kecil dari lautan kepribadian yang dimiliki oleh Rasilullah Saw. , manusia terbaik.
Teladan para Shabat
            Para sahabat Rasulullah Saw. adalah generasi umat Islam yang terbaik.  Rasulullah Saw. pernah bersabda: "Masa terbaik adalah masaku, kemudian masa berikutnya, kemudian masa berikutnya". Mereka adalah generasi yang mendapatkan petunjuk.  Mereka adalah generasi yang dapat diteladani baik sebagai jama'ah atau umat maupun per individu di anatara mereka. Rasulullah Saw. pernah bersabda: "Para sahabatku bagaikan bintang-bintang di langit, kepada siapa saja di antara mereka kalian mengikuti, pastilah kalian mendapatkan petunjuk".
            Para sahabat itu memiliki keutamaan masing-masing sehingga sulit untuk menentukan tingkat keutamaan di antara mereka dan kita dilarang melebihkan satu sahabat atas sahabat yang lain.  Hanya saja sebagai contoh dapat dilihat kelebihan seorang sahabat dalam suatu sifat atau bidang daripada yang lain, sementara yang lain lebih menonjol daripada yang lain dalam bidang dan sifat tertentu. Dalam hal ini kalau seorang sahabat terkenal dengan suatu sifat atau bahkan mendapat pujian dari Rasulullah Saw. atas sifat tersebut, bukan berarti yang lain tidak memiliki sifat unggul dan utama itu, melainkan sahabat yang terkenal itu adalah paling menonjol dalam sifat keutamaan tersebut. Kalau kaum muslimin di masa kini dapat membangun generasi yang mampu mengumpulkan seluruh unsur-unsur kelebihan dan keutamaan pada diri pribadi masing-masing sahabat, sungguh mereka akan dapat melahirkan generasi unggul tiada tara.
            Sahabat Abu Bakar As Shiddiq r.a.  , khalifah pertama, adalah seorang sahabat yang paling awal masuk Islam, yang banyak memasukkan orang kepada Islam di awal pertumbuhannya, yang senantiasa setia menyertai Rasulullah Saw., yang mengorbankan seluruh harta kekayaannya buat dakwah Islam.  Beliau adalah sahabat yang selalu berada di sisi Rasulullah Saw. hingga keberadaannya diabadikan di dalam Al Qur'an tatkala berdua bersama Rasulullah Saw. di dalam gua. Abu Bakarlah orang yang ditunjuk Rasulullah Saw. menggantikan beliau mengimami shalat.  Dan beliaulah yang pertama kali membenarkan mukjizat Rasulullah Saw. dalam perjalanan Isra' wa Mi'raj.
            Sahabat Umar bin Khaththab r.a. adalah orang yang bersama Abu Bakar r.a. disebut Rasulullah Saw. sebagai dua orang wazir beliau di dunia. Umar yang cerdas dan prediksinya sering tepat adalah yang disebut Rasulullah Saw.  sebagai orang yang layak menjadi Nabi jika ada Nabi sesudah beliau Saw. Umar yang perkasa dan kuasa adalah orang yang sangat lembut hatinya terhadap rakyat. Ia pernah mengangkat gandum untuk dikirim kepada seorang ibu yang sampai menanak batu lantaran tidak punya makanan.  Beliau jugalah yang selalu berpatroli di malam hari untuk melihat bagaimana nasib umat yang berada di bawah tanggung jawabnya. Beliau adalah khalifah yang adil yang mendapatkan pembagian harta ghanimah yang sama dengan kaum muslimin. Pernah beliau ditanya tentang bagian kain yang diterimanya lantaran tubuhnya yang besar tak mungkin cukup memakai bagian yang sama dengan kaum muslimin.  Beliau pun meminta kepada putranya untuk menjelaskan bahwa beliau bisa memakai jubah lantaran bagian putranya diberikan kepada beliau r.a. Beliau adalah kepala negara yang tegas dan menerapkan hukum secara adil, tidak pandang bulu. Pernah anak Wali Negeri Mesir menzhalimi seorang kafir dari suku Qibthi.  Khalifah Umar pun menghukum anak wali (semacam gubernur ) itu dengan hukum qishash, yaitu dengan memerintahkan pemuda Qibthi itu untuk membalas mencambuk anak Wali Mesir! 
            Sahabat Mu'adz bin Jabal r.a. yang pernah diutus Rasulullah Saw. untuk menjadi hakim di wilayah Yaman adalah orang yang sangat terkenal kefaqihannya dalam hukum Islam dan memecahkan persoalan dengan hukum Islam.  Beliau yang riwayatnya dijadikan dasar dalam ijtihad adalah orang yang disebut Rasulullah Saw. sebagai orang yang paling tahu tentang halal dan haram, paling faqih fid diin.  Bahkan beliau Saw. dalam suatu hadits bersabda menyebut Mu'adz bin Jabal adalah pimpinan golongan ulama di hari kiamat (Khalid M. Khalid, Karateristik Perihidup Enam Puluh Sahabat, hal 165-170).
            Sahabat Abu Ubaidah Al Jarrah r.a. adalah sosok panglima perang yang sederhana.  Pernah utusan Romawi merasa heran dengan dandanan panglima kaum muslimin itu.  Tapi justru kesederhanaan itulah yang telah dapat memukul pasukan Romawi dari tanah Syam.  Tatkala hendak meninggal, Umar pernah diminta menunjuk penggantinya.  Beliau pun berkata, "Andaikan Abu Ubaidah masih hidup tentu aku akan tunjuk dia.  Jika Rabb-ku bertanya kepadaku, maka akan kujawab: Sebab Rasulullah Saw. pernah mengatakan: Abu Ubaidah adalah kepercayaan (amiin) umat ini."
            Sahabat Ammar bin Yassir r.a. adalah seorang pengemban dakwah yang kenyang dengan siksaan Quraisy dan bapak-ibunya adalah syahid pertama di jalan Allah.  Beliau adalah prajurit sejati yang terus bertempur dan berjuang di berbagai medan pertempuran sejak zaman Rasulullah Saw. hingga masa khalifah Ali k.w. Beliau gugur dalam pertempuran melawan kaum pendurhaka yang memberontak kepada khalifah Ali bin Abi Thalib dalam usia 93 tahun.
            Khalifah Ali bin Abi Thalib r.a. sendiri adalah  jagoan perang yang pertama kali maju dalam pertempuran tanding pada perang Badar.  Beliau adalah pahlawan pemegang panji dan penjebol benteng Khaibar. Beliau adalah ahli politik yang menjadi wazir/mu'awin sejak masa Umar bin Khaththab r.a.  Dan pada masa pemerintahannya yang penuh dengan fitnah dan pergolakan di dalam negeri beliau yang sangat ahli dalam berijtihad mengambil langkah memadamkan pemberontakan di dalam negeri daripada berjihad memerangi musuh-musuh Allah yang kafir. Beliau adalah Khalifah yang menerapkan prosedur peradilan Islam secara jujur dan adil. Kebersihannya dalam proses peradilan ketika bersengketa dengan seorang Yahudi yang menguasai baju besi beliau, menyebabkan yahudi tersebut masuk Islam. Beliau juga menghukumi masalah dengan yang zhahir, seperti tampak pada saat tentara Mu'awiyah minta tahkim dengan mengangkat Al Qur'an.  Beliau tidak memerangi mereka sekalipun posisinya menang.  Beliau yang mendapatkan gelar karramallahu wajhah adalah orang yang tak pernah melihat aurat orang lain, bahkan auratnya sendiri.
            Sahabat Abu Dzar Al Ghifari r.a. adalah orang yang berhasil mengislamkan dua suku, yaitu suku Ghifar dan suku Aslam.  Orang yang mendapatkan kedudukan luhur dalam masyarakat Islam ini adalah orang yang sangat sederhana hidupnya.  Beliaulah yang mengkritik Mu'awiyah bin Abi Sufyan (Wali negeri Syam) yang bermewah-mewah tertipu dunia. Beliaulah orang yang berani mengkritik penguasa dengan sebuah syair yang digubah dari salah satu ayat Al Qur'an: "Beritakanlah kepada para penumpuk harta, yang menumpuk emas dan perak, mereka akan diseterika dengan seterika api neraka, menyeterika kening dan pinggang mereka di hari kiamat"
            Sahabat Abdullah bin Umar r.a. adalah putra sahabat Umar bin Khaththab r.a. yang menemukan kepribadian yang mengagumkan seperti bapaknya.  Hanya saja dia tidak mau memegang jabatan pemerintahan sedikit pun (termasuk penolakannya ketika hendak diangkat oleh Khalifah Utsman bin Affan untuk menjadi Qadli).  Namun beliau  adalah seorang yang sangat alim dan sangat gemar beribadah.  Beliau adalah orang yang selalu mengikuti jejak Rasulullah Saw.  di mana Rasulullah Saw. shalat di situlah beliau menegakkan shalat demi cintanya kepada beliau Saw.  Abdullah adalah orang yang selalu bertahajjud baik sedang mukim maupun safar.  Beliau adalah orang yang zuhud dan wara' sekalipun hidupnya sebagai pedagang makmur disamping tunjangan yang beliau terima dari baitul mal sebagai ulama sahabat. Namun sikap pemurah dan penyantunnya membuatnya selalu membagi-bagikan rizki yang diperolehnya kepada siapa yang membutuhkan.




























            Tentu masih banyak lagi contoh-contoh karakter kepribadian para sahabat Rasulullah yang telah memenuhi lembaran emas sejarah kaum muslimin, sebagai masa yang paling maju di antara masa0masa kejayaan kaum muslimin.  Kepada merekalah kaum muslimin bisa berkaca guna membangun kepribadian individu-individu umat ini sehingga secara keseluruhannya akan melahirkan kembali kegemilangan yang pernah dicapai oleh generasi shahabat.  Insya Allah! o

Tidak ada komentar: